Paul McCartney Buat Lagu Terakhir The Beatles Menggunakan AI

tomthall.net –¬†Paul McCartney mengungkapkan sekarang bahwa dirinya sedang membuat lagu baru untuk The Beatles yang belum pernah ditunjukkan meski sudah selesai direkam bareng tiga personel lainnya.

Ada sikap yang harus dilakukan ketika menyimpan lagu itu. Sikap yang benar adalah menjaga perasaan orang terhadap lagu itu agar tidak terhapus dan tersingkir. Dengan bantuan teknologi AI, kami akhirnya dapat menemukan sikap yang paling benar untuk melakukannya. Paul mengatakan, teknologi kecerdasan buatan ini dapat membantu mengambil suara John Lennon dalam lagu itu dengan jernih.

“Nilai rekaman terakhir The Beatles ini akan dirilis selanjutnya, setelah kami mengerjakan demo milik John yang baru kami kerjakan,” kata Paul McCartney, dikutip dari CNN, Sabtu (17/6).

“John adalah suara terbaik yang kami bisabeli. AI ini meningkatkan kemampuan kami untuk mendeteksi suara dan membuatnya lebih jernih,” tambahnya. “Ini akan mempermudah kami menggambarkan perasaan orang lain melalui rekaman audio.”

Gitaris The Beatles sangat mengerti perkembangan teknologi, karena mereka sering menggunakan internet. Singkatnya, gitaris The Beatles itu sudah mempelajari keberadaan AI dan sekarang mereka bisa melakukannya dengan hati-hati.

AI mempunyai kecanggihan yang sangat dikenal McCartney ketika ia mendengar suara John Lennon menyanyikan lagu-lagu miliknya berbunyi dengan teknologi itu. Kecanggihan itu tersebut disebut sebagai suatu hal yang “agak menakutkan.”

“Kita terima permintaan anda dan sekarang, kita sedang mencoba membangun kembali apa yang telah berubah,” kata McCartney. “Disini terdapat sisi baik dan sisi menakutkan. Kita hanya harus melihatlah ke arah mana perubahan ini akan berbuat baik.”

Seperti penjelasan yang dikenal dilansir oleh The Beatles pada 1970,album itu tercatat sebagai kerja sama terakhir John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr sebagai band.

Tetapi sejak 1960-an, band itu mengalami perang internal. Beberapa di antaranya, kematian manajer mereka bernama Brian Epstein pada 1967, konflik ego antarpersonel, hingga memuncak ketika album Let It Be ditunggu.

The Beatles last performance was in a full four-person lineup on 22 August 1969 at Tittenhurst Park, England.

Proses bubarnya The Beatles cukup membuat beberapa orang berantakan karena kerusuhan hukum yang panjangnya, sehingga band itu resmi bubar pada 29 Desember 1974.

Saat 4 orang anggota itu benar-benar diisukan untuk reuni yang akan berlangsung pada tahun 1970, namun rumor itu tidak kunjung terjadi setelah 1970-an. Tetapi reuni The Beatles dengan formasi lengkap tidak pernah terjadi usai John Lennon meninggal pada 1980.

Ketiga anggota yang tersisa kemudian menggelar reuni lewat proyek antologi pada 1994, menggunakan demo lagu John Lennon yang belum selesai digarap berjudul Kenangan dan cinta yang lebihbelaka.

George Harrison meninggal pada 2001, membuat anggota The Beatles yang tersisa hanya Paul McCartney dan Ringo Starr.

 

One thought on “Paul McCartney Buat Lagu Terakhir The Beatles Menggunakan AI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *